Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Dokumen Dari Laptop Ke Hp

Nah loh, tumben nih gue dibikinin materi tentang cara ngirim file dari HP ke laptop? Bukan kalo kita kan biasanya gitu ya, kita kirim file pake jurus abal-abal bikin folder di cloud trus link-nya dishare ke temen-temen. Kalo gue sih mood gue lagi baik, biasanya gue kirim via WhatsApp atau Telegram, tapi ya gitu, musti duduk manis depan HP sambil ngejer-ngejer file yang pengen dikirim. Pusing, kan? Makanya, disini gue kasih tau cara-cara ngirim file dari HP ke laptop tanpa ribed dan kepotong.

1. Mengirim File Tanpa Kabel USB

Ini nih, yang paling sering gue pake. Caranya? Ya gampang banget lah. Yang pertama, install dulu aplikasi bernama SHAREit di HP-mu. Terus install juga di laptopmu. Trus jalanin. Setelah itu, di HP, cari file yang pengen kamu kirim lalu tap ikon SHAREit yang ada di pojok kanan bawah. Setelah itu, pilih file yang pengen kamu kirim. Tap icon "send" lalu pilih PC yang jadi target pengiriman. Voila, udah kekirim deh!

Ada lagi nih yang serupa dengan SHAREit namanya AnyDesk. Bedanya, AnyDesk ini lebih banyak digunakan buat remote, tapi bisa juga loh buat transfer file. Aplikasi ini juga banyak digunakan untuk meeting-meting virtual lho. Jadi, ga usah ragu lagi buat install AnyDesk ini di laptop dan HP-mu.

2. Mengirim File Via Bluetooth

Ini nih yang sering dianggap kuno sama banyak orang, padahal ini termasuk ‘old but gold.’ Dalam offline transfer data, ya emang paling aman pake Bluetooth nih. Bisa jadi file yang kamu send itu data penting dan ga pengen deh kalo sampai dicuri sama orang yang ga bertanggung jawab, kan?

Cara gunain Bluetooth di HP sebenernya gampang banget. Cek dulu deh kalo Bluetooth di laptop-lomu udah menyala dan discoverable (yang artinya laptop-lomu ini terlihat sama HP-mu). Caranya, buka Control Panel di laptopmu lalu cari Bluetooth Devices. Kalo HP-mu udah terlihat, pilih aja trus tap “pairing” atau “connect”. Setelah itu bisa langsung kirim file dari HP ke laptop dengan hemat kuota dan ga ribet.

3. Mengirim File Dengan Cable Data

Kalo yang ini sih buat yang laptop-lomu ga ada Bluetooth atau device LAN (jadi si laptop-lomu ga bisa koneksi internet gitu). Cara yang satu ini kurang efisien sih kalo folder yang mau kamu pindahin ke laptopmu itu besar. Tapi gapapa, masih bisa kok buat yang ‘travelling’ selalu bawa laptop dan HP.

Yang perlu kamu siapin adalah kabel data (atau USB data cable) yang biasanya udah disediakan sama vendor HP. Trus bisa konekinnya lewat port USB di laptopmu. Trus ya tinggal drag n drop files yang kamu pengenin aja deh. Biasanya kalo pake cara ini, HP-mu dan laptopmu bakal meminta izin untuk mengakses file-file yang mau dipindahin. Jadi jangan panik, tinggal klik "Yes" aja.

4. Mengirim File Dari Email

Udah tahun 2022 nih, mesti gaul dikit dong, jangan cuma bisanya share link ke Gdrive atau Dropbox. Yuk coba, ini sih salah satu cara yang paling efektif, tapi ga efisien. Kalo file yang mau kamu transfer udah terlampau besar, tar bakalan lama banget buat meng-upload dan download-nya.

Kalo kamu udah punya email, mungkin udah biasa lah ya kalo transfer file pakai email. Bedanya sekarang, kamu bisa aja install aplikasi email di HP-mu biar caranya jadi lebih simple. Gue sih biasanya pake Gmail atau Outlook di HP-mu biar bisa langsung di-“attach” foto atau file yang pengen gue kirim. Kalo udah lengkap, tekan send dan tinggal tunggu sampai bisa diunduh di laptopmu.

5. Mengirim File Via Google Drive

Ini nih, pilihan yang cocok buat kamu yang jaga-jaga kalo HP-mu atau laptop-lomu hilang atau rusak. Walaupun ya, kalo kamu ga pake enkripsi, data yang kamu share di Google Drive bisa aja dicuri sama orang lain lewat link. Jadi, hati-hati.

Tapi kalo kamu milih pake Google Drive, ya gunain aja kalo kamu ga punya banyak pilihan. Caranya mudah, install aplikasi Google Drive-nya di HP-mu dulu. Trus, buka file mana aja yang pengen kamu transfer, tap tombol ‘share’ lalu pilih orang yang kamu kirimin. Tinggal tunggu, filemu bakalan muncul di laptop sesaat setelah kamu selesai upload.

Pungkasannya, Jangan Pake WiFi Dilihatin Orang

Kalo kamu terpaksa pakai WiFi di warung atau kantor yang sering dikunjungi oleh banyak orang, coba deh gunain cara-cara di atas. Lebih aman dan ga usah lagi khawatir file kamu keganggu dan virus bisa masuk ke sistem hp atau laptop kamu. Oh iya, jangan lupa kalo transfer file dari HP ke laptop masih jadi cara palingsederhana dan gampang dilakukan, jangan lupa untuk mengecek file-file yang kamu kirim. Kalo berhasil, don’t forget untuk membersihkan file “sisa” yang terlahir pas kamu aktivitas file sharing ini.

Catatan Kaki

Gue suggestion aja nih, kalo kamu udah males transfer file dengan cara yang ribet-ribet, coba deh upgrade lebih dulu HP atau laptop-mu. Sekarang, banyak kok smartphone dan laptop yang udah mempunyai kemampuan transfer data yang sama dengan kualitas high-end. Jadi kamu bisa pilih gadget yang udah support teknologi nirkabel gitu.


Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Dokumen Dari Laptop Ke Hp"