Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Baterai Hp Samsung

Hayo siapa yang sering banget HP-nya kehabisan baterei? Nih, Charis kasih kalian 5+ tips yang bisa dipraktekin buat menghemat baterai HP Samsungmu.

Cara Menghemat Baterai HP Samsung

Cara Menghemat Baterai HP Samsung

Apa itu baterai HP?

Kita tahu dong, kalau baterai itu adalah sebuah perangkat yang menyimpan energi untuk ditransfer ke perangkat yang membutuhkan (kerjaannya kayak drum yang diisi air buat nyimpen cadangan air, intinya gitu deh).

Mengapa baterai HP mudah habis?

Keasyikan main game atau sibuk browsing sosmed memang bikin baterai HP kita cepet habis. Kemudian aplikasi dan pengaturan tertentu yang kita pasang juga bisa membuat baterai cepat terkuras.

Jenis-jenis baterai HP

Sekarang ini, banyak jenis baterai HP yang beredar di pasaran, tapi yang paling umum adalah Lithium-Ion. Kenapa? Karena baterai yang satu ini lebih stabil, express charge-able, dan baterai jenis ini juga ga kehilangan dayanya kalau ga dipakai dalam waktu lama.

Cara Menghemat Baterai HP Samsung

Banyak kita yang punya HP Samsung bukan? Biar baterai HP Samsung kita ga cepat lowbat, Charis kasih tips-tipsnya nih:

1. Matikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth kalau sedang tidak dipakai

Pertama-tama, kita bisa menonaktifkan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth kalau kita ga make perangkat tersebut. Soalnya, ketiga device tersebut lumayan boros baterei bila diaktifkan terus.

2. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Kedua, kita harus biasa menutup aplikasi yang ga kita gunain. Meskipun cuma beberapa detik, proses background yang dilakukan beberapa aplikasi bisa mengurangi kapasitas baterai HP Samsung kita.

3. Hilangkan getaran ketika menerima pesan atau telpon

Mungkin beberapa dari kalian suka pakai getaran buat gasuka gangguan pada orang sekitar. Tapi, getaran juga memakan daya baterai yang cukup besar jika dipakai terus menerus. So, kalo bisa ya ga usah pakai getaran. Atau kalau mesti pakai, ya pakai aja sebentar.

4. Sesuaikan Brightness layar dengan kebutuhan

Brightness layar terlalu terang bisa memperpendek usia baterai HP Samsung. Cobalah memperkecil level kecerahan screen dan kurangi kontras layar, gimana? Ga terlalu terang lagi dong ya hehehe

5. Gunakan mode hemat baterai

Banyak HP Samsung yang sudah dilengkapi dengan fitur Hemat baterai pada pengaturan sistem. Mode hemat baterai ini akan membatasi penggunaan beberapa aplikasi yang berjalan di background sehingga baterai lebih hemat.

6. Hindari Overcharging

Terakhir, kita juga kudu lebih aware dalam pengisian baterai HP Samsung kita. Berhentiin proses pengisian baterai apabila baterai sudah terisi penuh, jangan kebablasan, ya.

Keuntungan Menghemat Baterai HP Samsung

Kalau baterai HP kita tahan lama, artinya kita juga bisa langsung asik aja ngerjain segala aktivitas yang perlu dilakukan tanpa harus khawatir harus cari colokan untuk charge.

Langkah-langkah Menghemat Baterai HP Samsung

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai HP Samsung kamu:

  1. Matikan perangkat yang sedang ga digunain (Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth)
  2. Tutup aplikasi yang ga kita gunain,
  3. Hilangkan getaran ketika menerima pesan atau telpon
  4. Sesuaikan Brightness layar dengan kebutuhan
  5. Use mode hemat baterai
  6. Stop charging setelah baterai terisi penuh

Tips Menghemat Baterai HP Samsung secara Keseluruhan

Langkah-langkah dari Charis udah kaasih kan? Nah, ada beberapa trik lagi yang bisa dipakai, di antaranya:

  • Bersihkan cache device secara teratur,
  • Hindari nyuri charger orang lain (cara yang buruk banget guys!)
  • Matikan layar ketika sedang ga digunakan,
  • Pakai HP Samsung yang ramah lingkungan.

Nah, gimana? Mudah-mudahan tips dari Charis bisa membantu kamu dalam menghemat baterai HP Samsung, ya. Kita bisa banget mengaplikasikan tips-tips tersebut biar ga cepat kehabisan baterei dan bisa jalanin aktivitas kita dengan lancar!


Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Baterai Hp Samsung"